Kamis, 08 November 2012

Mencari Letak Temporary Files

Mencari Letak Temporary Files Yang Tersisa Setelah Instalasi Aplikasi atau Games

Hai Readers...

Pernah kah kita, pada suatu ketika menginstal suatu software pada laptop, netbook dan atau Desktop PC ? Tentu pernah kan..?

Terkadang kita tidak menyadari bahwa saat instalasi berlangsung system komputer kita secara automatic melakukan "hidden backup" pada folder tertentu di dalam setting system komputer kita. Didalam folder inilah terletak begitu banyak mirror files dari aktifitas penggunaan komputer kita.

jadi untuk mendapatkan folder yang dimaksud maka langkah- langkah yang perlu kita lakukan adalah :

> Start > My Computer > Local Disk C > Document and settings > pilih user admin semisal "dedy" > Local settings > Temp. 

Nah Disitulah terletak file-file temporary yang kita cari.

Saya berekperimen dengan melakukan penghapusan untuk semua file yang terdapat dalam folder tersebut, dan apa hasilnya, >>  Dialog box muncul dan mengatakan 

" cannot delete *******:  it being used by another person or program.
     close any programs thats might be using the file and try again"

 atau kurang lebih maksudnya begini readers.. :

tidak dapat menghapus *******: Sedang digunakan oleh seseorang atau sebuah program. Tutuplah program yang mungkin menggunakan file tersebut lalu cobalah kembali." 

mengapa ?

Ini karena ada beberapa file program dalam file temp tersebut yang masih digunakan untuk menjalankan program yang ada pada PC kita

Mengapa langkah menghapus file temp ini perlu ?

Sejauh yang saya tau dan telah pun saya alami sendiri adalah pada saat kita menginstal games atau aplikasi yang berkapasitas besar atau kelewat besar, dan biasanya file instaler tersebut di compressi dengan menggunakan ZIP atau RAR untuk memperkecil file aslinya.

Dikarenakan file installer harus di ekstrak terlebih dahulu ke dalam drive PC, maka biasanya kita akan diperintahkan untuk memilih drive sendiri, jika tidak maka komputer akan mendefault  ke (Drive C:). Namun bila kita menginginkan setting kustom, maka kita bisa mencari drive yang dirasa mampu untuk menampung besarnya file tersebut. lalu kemudian kita ekstrak. pada contoh  kita ambil contoh drive G: kapasitas 200gb, wow besar ya. 

Ok, kita mulai mengekstrak 1 demi 1 part file installer game atau software aplikasi didalam file ZIP atau RAR tersebut untuk ke dalam Drive G:, bisa 1 CD, 1 DVD atau lebih dari jumlah itu. untuk mendapatkan "installer mentah" (dari bahasa programer lokal) hingga selesai.

OK. lalu dimana masalahnya..?

Begini readers, bilamana kita ingin menginstal suatu software dan software tersebut di kompressi menggunakan ZIP /RAR baik dalam CD atau DVD maka perlu dilakukan proses ekstrak sebelum dilakukan proses instalasi. Dan bila terjadi data yang sedang diekstrak ternyata cukup besar (ambillah contoh kira-kira 15 GB) sedangkan pada saat yang sama (Drive C): kita yang besarnya (contoh 40gb) tersisa hanya 10gb, maka bisa dipastikan bahwa pada saat proses ekstrak melewati angka 9gb, maka pada saat yang hampir bersamaan akan muncul 2 notifikasi pada layar monitor readers. 

Notifikasi merupakan dialog box yang memberikan informasikan tentang keadaan software ataupun hardware pada pc kita juga aplikasi program yang sedang kita jalankan. 

Kembali ke 2 notifikasi yang muncul tadi, muncul lah di layar desktop kita yang pertama adalah notifikasi dari program ZIP atau RAR yang kita gunakan, yang biasanya memunculkan pemberitahuan bahwa file yang diekstrak gagal dilanjutkan dikarenakan kapasitas hard drive penuh. Itu artinya data yang kita ekstrak tadi terpotong /incomplete, saran saya hapus saja karena tidak dapat digunakan.  Notifikasi kedua biasanya dari windows sendiri biasanya keluar pemberitahuan "Low disc space on drive C:" yang kemudian memandu kita untuk menghapus beberapa file folder atau shortcut atau temporary files seperti internet chace dll.

Jadi sekarang sudah cukup jelas bahwa kerugian kita pada masalah yang terjadi ini bukan uang, bukan barang melainkan waktu dan energi. sekarang tinggal readers sendiri yang menentukan.

Thanks for visits and read.



Tidak ada komentar: