Friday 16 March 2012

Cara Mengembalikan fungsi Plug and Play devices(Perangkat yang terkoneksi via USB)

Sobat mungkin sering menginstal perangkat dengan driver. Baik itu Bluetooth, game/joystick, web cam, Printer, Scanner, perangkat USB sound dll. Tapi Pernahkah suatu ketika tiba-tiba saja perangkat itu tidak bisa digunakan dan lebih parah lagi shortcut menghilang dan USB menjadi tidak auto compatible dengan perangkat yang kita koneksikan via USB tersebut? Ini Pengalaman Dulu…..
So, bagaimana cara mengatasinya. Bagi sebagian orang yang sudah expert mungkin tidak perlu khawatir lagi mencari sebabnya, namun bagi yang masih awam masalah ini bisa menimbulkan stress dan mungkin bagi yang mengkomersilkan pekerjaannya dengan perangkat tersebut betapa ruginya waktu untuk mencari solusi dengan mendeteksi dan menduga-duga satu persatu fungsi system pada computer kita, ujung-ujungnya Instalasi ulang CPU,Waduuh.
Ada baiknya kita kenali penyebabnya. Biasanya keadaan ini dialami setelah menginstalasi antivirus, karena antivirus menseting startup agar mematikan fungsi Plug and Play USB devices, atau juga dikarenakan tuning system, atau penyebab lainnya adalah virus yang pernah menjangkiti computer kita.
Langkah awal yang baik kita lakukan adalah dengan mencopot instalasi anti virus kita dulu.
Caranya:
START>>CONTROL PANEL>> ADD&REMOVE PROGRAM>>PILIH SALAH SATU SOFTWARE ANTIVIRUS>>REMOVE Lalu ikuti langkah selanjutnya sesuai prosedur hingga selesai (DONE)
Restart Komputer
Langkah selanjutnya bila USB PLUG AND PLAY DEVICES masih tidak terdeteksi juga, maka perlulah kita lakukan langkah-langkah di bawah ini :
START>>RUN>>SERVICES.MSC>>SERVICES LOCAL>>WINDOWS IMAGE ACQUISITION(WIA)>>DOUBLE KLIK>>GENERAL>>START UP TYPE”(DISABLE dirubah menjadi (change to)AUTOMATIC)”>>APPLY>>OK
START>>RUN>>SERVICES.MSC>>SERVICES LOCAL>> UNIVERSAL PLUG AND PLAY DEVICE HOST>>DOUBLE KLIK>>START UP TYPE ”(DISABLE (dirubah menjadi (change to) AUTOMATIC)”>>APPLY>>OK
DONE
Restart Komputer
Semua Langkah Selesai, Komputer kini kembali normal. Semoga bermanfaat.
Posted by. Rioz.

1 comment:

safetytopik.bloger.com said...

Klo sudah di jalankan sesuai petunjuk diatas tp masih tetap tdk berfungsi bgmn caranya? Mohon solusinya, trims