Wednesday 7 July 2010

Review Blackberry Tour Sprint 9630






Blackberry Tour Sprint 9630

Postingan ini merupakan pengalaman langsung penulis sebagai pengguna. Secara umum penampilan blackberry jenis ini cukup casual, namun bagi yang terbiasa dengan pemakaian trackball mungkin trackball jenis ini yang biasanya kurang bagus untuk gaming.

secara fitur Tour sudah cukup complete. Untuk yang penulis gunakan adalah type 3G, jadi browsing pada daerah cakupan 3G yang baik browsing dan download penulis kategorikan lumayan cepat.(11kbps-50kbps(prv.im3)), ya kalo untuk wilayah jabotabek untuk download lagu sebesar 5-10mb hanya memakan waktu 3-8menit.(kondisional untuk wilayah tertentu)
Namun kekurangan tour penulis, tidak memiliki fitur "Wifi" sehingga tidak bisa melakukan download pada daerah yang memiliki cakupan Hotspot.

Sebetulnya RIM (research In Motion) Pengembang Blackberry sendiri telah membuat versi blackberry dalam 2 fitur berbeda . Type Blackberry dengan koneksi data 3G atau Wifi. bagi yang suka mengunduh data-data besar ataupun video melalui phoncell, maka pilihan terbaik adalah Tour wifi, karena dengan fitur wifi tersebut pengguna bisa mengunduh video youtube tanpa dikenakan Charge alias berbayar yang biasanya dikenakan pada type Non Wifi. Namun perlu diingat bahwa kelemahan blackberry adalah besarnya konsumsi daya battery sehingga dalam keadaan phonecell mengambil data via 3G atau wifi maka battery akan terkuras. Jadi perlu ada "prepare" sebelum kita mendownload. sehingga keadaan dimana Phonecell harus shutdown pada saat sedang asyik mengunduh data atau file2 video youtube atau File lagu se-album.

Untuk Fitur lainnya pada umumnya sama saja. tidak ada perubahan atau kelebihan signifikan.
agar tidak menjadi penyesalan dikemudian hari ada baiknya kita me-review terlebih dahulu apa yang perlu dan apa yang tidak atau sesuai dengan keinginan kita. seperti yang dialami penulis.

Bagi yang gatal akan pembaruan OS dan fitur -fitur software lainnya, dapat melihat update available pada desktop manager atau Blackberry official web. Penulis sendiri telah berulang kali melakukan update pada beberapa OS walaupun hanya sekedar menjawab rasa penasaran penulis dengan OS rilisan yang baru. Rilisan Terbaru yang penulis gunakan diantaranya:
1. OS Tour Sprint Versi 4.8.4 (Leaked)
2. OS Tour Sprint Versi 6.2.4 (Leaked)

Agar memudahkan untuk instalasi ada baiknya pengguna mengetahui dulu cara manual mengupdate OS melalui Manual book atau dengan membaca pada blackberry official web atau mempelajarinya dari kawan sesama pengguna blackberry. Penulis sendiri mempelajari ini secara "Otodidak" alias "blind Chicken" alias belajar sendiri step by step dari buku manual. awalnya bingung juga karena OS yang penulis miliki pada saat itu OS leaked alias Dikembangkan oleh provider operator. Yang terpenting sebelum Mengupdate Lakukanlah Back Up data secara keseluruhan pada desktop manager anda. jadi, bila ditemukan ketidakwajaran pada OS terbaru bisa di rollback ke konfigurasi yang sebelumnya dari bak up sebelumnya.

Awalnya, penulis mengupdate menggunakan OS 9630. 5.0.0.303. Setelah sukses proses instalasi kemudian di lakukan hard reset, setelah beberapa saat setelah proses booting selesai malah jaringan dan koneksi data bermasalah, alias sinyal operator tidak terdeteksi. namun secara umum menu dan fitur relatif sama, yang membedakan hanya pada display SMS and MMS yang mirip dengan fitur BBM (blackberry Messenger). terlihat lebih mudah dan cepat seperti display Chatting. Namun dengan keadaan yang tidak ada Network alias jaringan operator apa artinya. akhirnya setelah beberapa saat Browsing via Paman Google diperolehlah salah satu OS yang cocok yaitu Type OS 5.0.0.484. Nah barulah semua fitur-fitur OS dapat digunakan secara maksimal disini. Setelah Proses Instalasi selesai dilanjutkan booting, jaringan network langsung terdeteksi dengan baik. Kelebihan setealah instalasi itu yang penulis rasakan adalah waktu booting dan download terasa lebih cepat dari sebelumnya, namun keadaan ini bisa saja berbeda untuk BB satu dengan BB lainnya. artinya anda mungkin mendapatkan perbedaan dari yang penulis alami(Conditional).

Jadi Setelah semua Ok maka tinggal dilakukan penge-Chek-kan pada semua fitur2 baru dalam OS tersebut. tidak lupa juga untuk melakukan pengechekan pada koneksi Network /jaringan operator dan kestabilan system dan signal wajib di Chek lho. Setelah semua OK langsung bisa digunakan.

ok semoga bermanfaat.









No comments: